Selasa, 30 Mei 2017

Perjuangan Puasa di Greenland, 21 Jam!


Nuuk - Apabila puasa di Jakarta berdurasi selama 13 jam, maka lain halnya di Greenland, Denmark. Di sana, puasanya sampai 21 jam!

Puasa memang menjadi salah satu hal yang wajib dijalankan umat Muslim saat bulan Ramadan, di manapun mereka berada. Hanya saja, waktu puasa di setiap negara itu berbeda satu sama lain.

Di Greenland yang merupakan wilayah otonomi Denmark misalnya, waktu puasa di sana disebut-sebut sebagai yang paling lama di dunia. Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Selasa (30/5/2017) media Al Jazeera memberitakan lama puasa di Greenland yang mencapai 21 jam. Masya Allah!

Diketahui, waktu puasa di Greenland dimulai dari pukul 02.16 pagi hingga malam hari pukul 23.14 waktu setempat. Bukan tanpa alasan, negara yang terletak di dekat Antartika memang mengalami kondisi alam di mana matahari terbit lebih lama dari biasanya pada saat musim panas.

Di sejumlah negara Skandinavia seperti Finlandia dan Greenland, matahari memang hadir selama hampir 24 jam pada musim panas. Bisa dibayangkan dong bagaimana perjuangan saudara Muslim yang berpuasa di negara-negara Skandinavia?

Nyatanya, ada saja orang Muslim yang tinggal di Greenland. Di situs tanya jawab online Quora, sempat ada pertanyaan tentang bagaimana umat Muslim melakukan puasa di Greenland. Mereka boleh mengambil keringanan dengan mengikuti jadwal puasa di Makkah, tapi ada saja yang kuat berpuasa selama itu.

Diketahui, ada seorang Muslim keturunan Lebanon bernama Wassam Azaqeer yang tinggal dan melakukan puasa di Greenland. Diberitakan oleh Arab TV, Wassam Azaqeer juga disebut sebagai 'Columbus Arab' karena telah tinggal dan berhasil membuka sebuah rumah makan di Nuuk yang merupakan ibukota Greenland.

Sehari-harinya, Wassam bisa melayani 200 tamu restoran. Di bulan Ramadan, Wassam pun tetap berpuasa selama 21 hari sambil melayani para tamunya. Setelah itu, Wassam punya waktu dua jam untuk untuk buka dan sahur sebelum mulai puasa lagi.

Walau tak mudah, Wassam pun mengaku bangga karena dapat berpuasa dan beribadah kepada Allah selama sebulan penuh di Greenland. Kisah Wassam pun menjadi salah satu inspirasi, lama waktu puasa bukan menjadi penghalang untuk tidak berpuasa. (rdy/fay)

Sumber >>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar